Forum Passemba' Toraya Gelar Aksi Kemanusiaan Bantu Pengungsi yang Terdampak Longsor di Palangka

foto:aksi Kemanusiaan Forum Passemba' Toraya

Forum Passemba' Toraya News,Tana Toraja -Peristiwa yang terjadi pada Sabtu malam 13 April 2024 lalu di Palangka, yakni Musibah longsor yang menelan puluhan korban jiwa dan beberapa rumah yang hancur.

Peristiwa tersebut berimbas kepada penduduk di sekitar yang terkena dampak longsor, mereka pindah ke lokasi pengungsian yakni di Ta'ba', Kelurahan Manggau.

Lokasi pengungsian  dibagi dalam lima tempat pengungsian dimana satu tempat pengungsian berisi 9-10 tenda pengungsian, total sekitar 50 kepala keluarga yang berada di lokasi pengungsian.

pada Jumat, 26 April 2024, Leader Forum Passemba' Toraya Indra Batara Randa bersama beberapa pengurus  mengunjungi lokasi dan melaksanakan baksos di lokasi pengungsian dengan membersikan dan mengumpulkan sampah-sampah yang berada di Lokasi pengungsian.

Informasi yang didapatkan di lokasi, para pengungsi sudah mulai kehabisan stok persediaan Logistik juga para pengungsi sangat membutuhkan alat mandi dan sabun cuci.


informasi dari masyarkat yang terdampak longsor mereka mengatakan bahwa bantuan yang masuk dari beberapa pihak disalurkan langsung ke keluarga Korban Bencana longsor, sementara Masyarakat yang terkena dampak longsor di lokasi pengungsian sudah mulai kehabisan logistik.

"untuk sumbangan banyak yang masuk, tapi semuanya ke keluarga korban, sedangkan keluarga kami yang di lokasi pengungsian sudah mulai kekurangan logistik dan juga semua pengungsi sangat butuh alat mandi dan sabun cuci" ujar Nepis salah satu Masyarakat yang terkena dampak longsor.

berangkat dari peristiwa tersebut, Forum Passemba' Toraya menjalankan aksi kemanusiaan, yakni partisipasi kebersamaan dari beberapa cabor dalam forum Passemba' Toraya, Ikatan Fighter Rantau (IKFER) dan Misi kemanusiaan turun ke jalan untuk menjalankan penggalangan dana.

Aksi tersebut digelar selama dua hari 26-27 April 2024, di beberapa titik di kota Makale, harapannya  semoga bisa meringankan beban masyarakat yang terkena dampak longsor.


"Mudah-mudahan ini bisa meringankan beban Saudara-saudara,orang tua kita yang saat ini di lokasi pengungsian" ujar Indra di Lokasi kegiatan penggalangan dana.

Diketahui sebelumnya Naga Sekret Passemba' Toraya turut dalam pencarian korban dan membantu mengevakuasi korban Longsor di Palangka(*/nober).

Posting Komentar

0 Komentar