Prihatin dengan sampah di KM 5, Komunitas Passemba Toraya Terjun Baksos

Baksos Taekwondo Tana Toraja Km 5 Kecamatan Mengkendek

Tulisan  "selamat datang di Kota Makale Toraya Mala'bi'" yang terpasang pada Tebing  kilometer 5, Mengkendek  Tana Toraja yang populer menjadi spot selfie bagi para Wisatawan ataupun masyarakat yang kebetulan lewat di Tempat ini, menyisahkan sebuah hal yang kurang menarik dipandang mata. 

Mirisnya, sepanjang sawah terdapat sampah-sampah bekas air minum dan makanan ringan dibuang secara sembarangan,  juga irigasi yang mengarah ke salah satu anak sungai juga terdapat sampah sampah botol bekas. 

Berangkat dari permasalahan ini, Komunitas Taekwondo Tana Toraja bergerak cepat menangani masalah ini

dengan peralatan yang sederhana Komunitas ini memungut sampah sampah dan mengumpulkannya ke dalam tempat sampah dan dibuang ke TPA.

Selain membersikan sampah komunitas ini membuat plang larangan buang sampah dengan bahasa komunikatif, dan rencananya dalam waktu dekat juga akan membuat tempat sampah sementara di tempat ini. 
Para warga yang menyaksikan kegiatan ini mengucapkan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Taekwondo Tana Toraja
"Kami dari warga Km 5 mengucapkan Terima kasih kepada teman-teman Taekwondo Tana Toraja yang telah membersikan Sepajang jalan dan juga sawah di tempat ini" ujar salah satu warga di lokasi tempat kegiatan baksos.

Harapan komunitas, agar para Wisatawan yang ke Toraja dan menjadikan ini sebuah spot foto harap menjaga ekosistem dan alam, jika di tempat ini memberikan anda sebuah hal yang menarik marilah tetap menjaga alam dengan tidak membuang sampah sembarangan, walaupun tidak tersedia tempat sampah ada baiknya sampah sampah dibuang di tempatnya.

"Muda-mudahan setelah adanya kegiatan ini tidak ada lagi yang buang sampah dan disini ada plang yang kami pasang, muda-mudahan semuanya bisa membaca" ungkap Indra Batara Randa selaku Dewan kehormatan Pengkab T.I Tana Toraja


 

Posting Komentar

0 Komentar